Pages

Sabtu, 05 Mei 2012

Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan

(Satu revisi antara oleh satu pengguna tak ditampilkan)
Baris 60: Baris 60:
   
 

-->

 

-->

  +

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Cherry Belle}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fenomena 2012}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fenomena 2012}}

  +

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Girls' Generation}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Kesultanan Siak Sri Inderapura}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Kesultanan Siak Sri Inderapura}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Bacharuddin Jusuf Habibie}}

 

{{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Bacharuddin Jusuf Habibie}}


Revisi terkini pada 5 Mei 2012 16.01

Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Penghapusan
Bintang ini, yang satu kakinya terpisah, melambangkan kandidat artikel pilihan di Wikipedia.

Di sini komunitas menentukan artikel apa yang menjadi artikel pilihan. Artikel pilihan adalah karya terbaik komunitas Wikipedia yang memenuhi kriteria artikel pilihan.

Pengusul kandidat diharapkan untuk memperbaiki artikel berdasarkan kritikan yang diterima di sini. Bila Anda mengusulkan artikel yang Anda telah kerjakan, catatlah itu sebagai "pengusulan pribadi". Suatu artikel tidak boleh diusulkan menjadi artikel pilihan bersamaan waktu dengan diusulkan jadi artikel bagus. Pengguna tidak boleh mengusulkan suatu artikel untuk kedua kalinya sampai usulan pertama artikel tersebut sudah mendapat dukungan atau kritikan sudah diperbaiki. Mohon menerima kritikan dengan positif.

Untuk mendapatkan status artikel pilihan, artikel tersebut harus mencapai konsensus menyetujui bahwa artikel yang diusulkan sudah memenuhi kriteria. Konsensus ditetapkan setelah komunitas menyetujuinya. Apabila setelah waktu yang lama kritikan terhadap artikel belum diperbaiki atau konsensus tidak dapat dicapai, usulan dapat dihapus dari daftar untuk diarsipkan.

Daftar Isi

Prosedur pengusulan

  1. Sebelum mengusulkan kandidat, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel pilihan.
  2. Berikan {{StatusAP nominasi}} pada halaman pembicaraan artikel yang diusulkan.
  3. Buat halaman pengusulan:
  4. Salin tulisan ini: {{Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/nama artikel}}, kemudian sunting halaman ini (halaman utama usulan yang sedang Anda baca sekarang), dan tempelkan templat ini pada paling atas daftar kandidat. Ganti "nama artikel" dengan judul artikel yang Anda usulkan.

Mendukung dan menentang

Bacalah artikel yang diusulkan secara menyeluruh sebelum mendukung atau menentang pengusulan.

  • Untuk merespon pada pengusulan, klik "Sunting" pada kanan judul artikel (Bukan "Sunting" pada paling atas halaman ini).
  • Bila Anda mendukung pengusulan suatu artikel, tulis * {{setuju}}, diikuti dengan alasan. Apabila Anda banyak berkontribusi menulis artikel bersangkutan, mohon diberitahukan.
  • Bila Anda menentang pengusulan suatu artikel, tulis * {{tidak setuju}}, diikuti alasan atau kritikan Anda. Setiap kritikan harus menunjuk pada detail spesifik yang dapat ditindak-lanjuti berdasarkan kriteria yang ada.
  • Penilai yang menentang diharuskan untuk kembali melihat halaman pengusulan setelah beberapa hari, untuk melihat apakah kritikan mereka sudah ditindak-lanjuti atau belum. Bila kritikan sudah diperbaiki, penilai yang menentang dapat menarik kritikan mereka dengan mencoretnya (dengan <s>...</s>). Yang berhak mencoret kritikan hanya penilai yang menulis kritikan tersebut. Bila penilai lain menilai bahwa kritikan tersebut sudah ditindak-lanjuti, tulisankan komentar, jangan mencoret tulisan orang lain.
  • Untuk memberikan saran membangun tanpa mendukung atau menentang, tulis * {{Komentar}} diikuti dengan saran atau komentar Anda.

Setelah disetujui

Suatu artikel yang sudah disetujui menjadi artikel pilihan akan dihapus dari halaman ini lalu didaftarkan terlebih dahulu ke halaman arsip dan halaman jadwal usulan.

Daftar isi

[sunting] Cherry Belle

Pengusul: Mbak Dede (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Alasan Pengusulan: Menurut saya, artikel Cherry Belle sudah cukup layak dijadikan artikel pilihan.

Mbak Dede (bicara) 11 Maret 2012 06.53 (UTC)

  • Setuju Setuju Seltines | Bicara 11 Maret 2012 07.01 (UTC)
  • Tidak setuju, masih ada tag, kurang catatan kaki dan referensi. Isi terlalu pendek jika dicalonkan sebagai artikel pilihan. Ezagren (kirim pesan) 11 Maret 2012 07.46 (UTC)

[sunting] Fenomena 2012

Pengusul: Tosram (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Alasan Pengusulan cocok menjadi AP

Tosram (bicara) 24 Februari 2012 15.30 (UTC)

Anda dapat mengundang pengguna lain untuk berkomentar dalam diskusi, salin dan tempelkan kode berikut ini pada halaman pengguna yang ingin Anda undang:
{{Gnt:Undangan diskusi|Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan}}

[sunting] Girls' Generation

Pengusul: Shirenn Karen (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Karena menurut saya girlband ini adalah salah satu girlband yang sangat booming di Indonesia dan juga sudah memenuhi kriteria AP

Shirenn Karen (bicara) 28 April 2012 00.53 (UTC)

Anda dapat mengundang pengguna lain untuk berkomentar dalam diskusi, salin dan tempelkan kode berikut ini pada halaman pengguna yang ingin Anda undang:
{{Gnt:Undangan diskusi|Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan}}

[sunting] Kesultanan Siak Sri Inderapura

Pengusul: VoteITP (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Alasan Pengusulan: Sudah memenuhi standar Wikipedia VoteITP (bicara) 24 April 2012 04.10 (UTC)

  • Tidak setuju, banyak paragraf yang tidak disertai catatan kaki atau sumber. Ezagren (kirim pesan) 24 April 2012 04.30 (UTC)
Mungkin dibantu beri tanda [rujukan?] supaya jelas mana yang dimaksud, VoteITP (bicara) 24 April 2012 04.33 (UTC)
  • Saya sudah melihat, dan saya setuju bahwa rujukan sangat kurang, sehingga templat {{fact}} saja tidak cukup. Ada beberapa bagian (seksi), misalkan #Sejarah, yang tidak punya satu pun rujukan. Crisco 1492 (bicara) 26 April 2012 03.03 (UTC)
Bagian yang anda maksud mungkin sub bagian warisan sejarah, sudah saya tambahkan rujukannya. Menurut saya, rujukan untuk artikel ini sudah lengkap cuma belum semua bagian ditempatkan mana referensinya. Bagi saya usulan menjadikan artikel ini sebagai pilihan adalah untuk mendapatkan masukan dari kontributor lain dalam meningkatkan kualitas artikel. Tentunya masukan/pendapat yang diharapkan itu adalah yang benar-benar fokus kepada perbaikan artikel tsb. Jadi jika masalah rujukan yang dipertikaiankan pada artikel ini, tentunya saya harap bagi yg tidak setuju dengan artikel ini, mohon diberikan templat [rujukan?] pada artikel tersebut VoteITP (bicara) 26 April 2012 03.42 (UTC)
Bagian "Masa keemasan" masih ada dua alinea tanpa rujukan, dan saya merasa bahwa lede harus dikembangkan (sinopsis di bagian awal artikel) Crisco 1492 (bicara) 27 April 2012 15.53 (UTC)
  • Mohon diingat bahwa saya juga tidak keberatan meng-support nanti, seandainya artikel bisa diperbaiki. Menurut saya, cuma bagian #Penurunan yang sekarang agaknya kurang rujukan.
Namun, ada beberapa sumber yang saya meragukan kualitasnya. Mengapa menggunakan kumpulan cerpen sebagai rujukan etimologi? Kan, bukan tulisan yang bisa dipertanggungjawabkan. Ini juga kurang memadai. Lainnya kelihatan lumayan, biarpun formatting masih bisa diperbaiki. Misalnya, Tempo, Volume 9 itu volume sembilan dari majalah Tempo, atau apa? Kalau dari majalah Tempo, baiknya diberi judul artikel serta halamannya. Crisco 1492 (bicara) 28 April 2012 07.41 (UTC)
  • Saya hampir siap menyetujui. Namun, saya masih meragukan dua sumber yang saya menunjukkan di atas. Crisco 1492 (bicara) 29 April 2012 15.21 (UTC)
Dua sumber yang anda ragukan tsb sudah diberikan rujukan pembanding. Tambahan menurut saya rujukan dari situs jais (Jabatan Agama Islam Selangor), sepertinya tidak masalah sebab itu merupakan salah satu lembaga resmi di Selangor, Malaysia. VoteITP (bicara) 30 April 2012 03.26 (UTC)
  • Komentar Komentar Masih ada beberapa kalimat/paragraf tanpa catatan kaki tuh. Kalau sudah lengkap catatan kakinya nanti saya copyedit, setelah itu saya siap menyetujuinya. Redyka ngobrol 27 April 2012 13.51 (UTC)
  • Oh iya, satu lagi. Usulan AB-nya tutup dulu lah. Redyka ngobrol 28 April 2012 00.21 (UTC)
  • Ia, benar kata Redyka! aaaaRahmatdenasNgobrolaaaa 29 April 2012 11.12 (UTC)
  • Setuju Setuju Jika hanya menyangkut referensi, berarti sudah tidak ada masalah lagi, karena pada revisi terakhir telah ditambahkan. Terhadap kalimat yang tidak memiliki rujukan, itu wajar karena bisa saja kalimat itu merupakan penjelas kalimat sebelumnya atau kalimat itu memiliki rujukan yang sama dengan kalimat sesudahnya (contoh lihat Cut Nyak Dhien). Ini alasan mengapa saya setuju. Salam dari aaaaRahmatdenasNgobrolaaaa 29 April 2012 11.12 (UTC)
  • SetujuSetuju Dua-tujuh! Aldo samulo (bicara) 30 April 2012 03.27 (UTC)
  • Setuju Sekarang sudah mending Crisco 1492 (bicara) 1 Mei 2012 00.32 (UTC)
  • Setuju Setuju Wah, prosanya bagus, saya rasa tidak perlu di-copyedit lagi. Akan tetapi, seperti biasa, saya tidak bisa menilai kelengkapan, netralitas, atau semacamnya, apa lagi subjeknya cukup berat (jika di wp-id ada sejarawan sebaiknya undang untuk menilai artikel ini). Redyka ngobrol 1 Mei 2012 12.59 (UTC)
  • Saya merasa bahwa ini sudah dapat ditutup Crisco 1492 (bicara) 4 Mei 2012 08.36 (UTC)

[sunting] Bacharuddin Jusuf Habibie

Pengusul: Super9boys (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Alasan Pengusulan mengenang presiden kita yang ke-3.

zʋρέʀɳ̩ɪɲ̩ɘ̯ɓo̯ʏ̯$ | Ngobrol 22 April 2012 06.37 (UTC)

  • Tolak Menolak Banyak kalimat di artikel tsb. tidak didukung sumber (catatan kaki hanya 5 untuk artikel sepanjang itu). Bahkan catatan kaki di artikel Wikipedia bahasa Inggris lebih banyak dengan panjang yang hampir sama. Redyka ngobrol 22 April 2012 06.50 (UTC)
  • Tidak setuju Referensi (sangat) kurang, pranala merah, isi artikel perlu diperhatikan lagi. Albertus Aditya (bicara) 22 April 2012 14.10 (UTC)
  • Tolak Menolak Masih kekurangan referensi. Eddy bf (bicara) 22 April 2012 15.22 (UTC)
  •  Tidak setuju - Kurang banyak referensi Crisco 1492 (bicara) 23 April 2012 23.19 (UTC)

[sunting] Kebangkitan Keynes 2008–2009

Pengusul: Aldo samulo (bkl)Saya mencabut pengusulan terhadap artikel ini untuk menjadi artikel pilihan. · Status:    Dalam diskusi

Alasan Pengusulan: Isinya sudah cukup banyak dan cukup layak untuk dijadikan artikel pilihan.

Aldo samulo (bicara) 8 April 2012 02.56 (UTC)

  •  Tidak setuju Akang, artikel panjang skali. Baik dijadikan artikel bagus. --Adi.akbartauhidin (bicara) 8 April 2012 03.01 (UTC)
    Bukankkah lebih bagus untuk dijadikan artikel pilihan. Aldo samulo (bicara) 8 April 2012 03.02 (UTC)
  • Setuju Setuju Saya rasa cukup layak, isinya lengkap dan jelas Eddy bf (bicara) 8 April 2012 03.04 (UTC)
  • Setuju Setuju Sangat layak, isinya semakin jelas Willy2000 (bicara) 8 April 2012 04.04 (UTC)
  • Setuju Setuju isinya sudah lengkap Adi ARIES (bicara) 8 April 2012 04.47 (UTC)
  • 👍Mahali syarifuddin menyetujui ini 12 April 2012 09.30 (UTC)
  • Komentar Komentar dari Redyka94

Umum

  • Artikel kurang konsisten dalam penulisan tahun. Apakah "80-an", "1980-an" atau "delapan puluhan".
  • Artikel terlalu kaku karena penerjemahannya terkesan dipaksakan.
  • Saya rasa prosa pada artikel ini harus di-copyedit oleh pengguna yang ahli di bidang terkait.

Depan

  • Bisakah kata "stagflasi" diberi pranala? Saya rasa tidak semua orang tahu definisi kata tersebut.

Perselisihan pandangan tentang kebijakan ekonomi makro

  • Kebijakan makroekonomi berfokus pada keputusan pemerintah tingkat tinggi yang mempengaruhi perekonomian nasional secara keseluruhan bukan keputusan tingkat yang lebih rendah tentang pasar untuk barang dan layanan. Tidak ada catatan kaki.
  • ... seperti meningkatkan kepercayaan oleh pidato inspiratif Roosevelt. Tidak ada catatan kaki.

Peningkatan pengaruh Keynesian: 1941-1979

  • Tahun 1950-an dan 60-an, di mana pengaruh Keynes mencapai puncaknya, ... Ada penggunaan kata "di mana". Seingat saya tidak dianjurkan (atau bahkah tidak dibolehkan?) menggunakan kata tersebut.

Pergeseran ke monetarisme dan ekonomi Klasik Baru: 1979-1999

  • pada tahun 1972 secara sepihak membatalkan sistem Bretton Woods dan menghentikan penukaran langsung langsung dari dolar Amerika Serikat untuk emas, Ada dua kata "langsung". Typo-kah?
  • dan Bank of England juga meninggalkan penargetan uang sterling M3-nya pada Oktober 1985. Tidak ada catatan kaki.

Arus kontra Keynesian 1999-2007

  • Pada tahun 1999, Krisis finansial Asia 1997 dan respon keras oleh Dana Moneter Internasional (IMF) telah menyebabkan kebijakan pasar bebas untuk setidaknya sebagian didiskreditkan di para pembuat kebijakan mata dunia berkembang. "di para"?
  • Negara berkembang secara keseluruhan berhenti berjalan defisit transaksi berjalan pada tahun 1999, ... "berhenti berjalan defisit transaksi berjalan"?
  • Saya rasa "gelembung dot com" perlu diberi pranala.
  • Di Inggris, Gordon Brown sebagai Kanselir sudah menulis pada catatan mengatakan "tantangan nyata adalah untuk menafsirkan wawasan Keynes untuk dunia modern." Gordon Brown seorang kanselir?
  • Namun para pembuat kebijakan Amerika Serikat dan Inggris terus mengabaikan banyak unsur pemikiran Keynesian seperti rekomendasi untuk menghindari ketidakseimbangan perdagangan yang besar dan untuk mengurangi defisit pemerintah di tahun booming. Tahun booming?
  • Di dunia pendapat umum, telah terjadi kebangkitan yang vokal tapi oposisi minoritas untuk pasar bebas baku, dengan protes anti-globalisasi menjadi semakin terkenal setelah tahun 1998. Pada 2007 telah ada buku terlaris mempromosikan Keynesian atau setidaknya pro kebijakan ekonomi campuran: dalam Anglosphere itu, Naomi Klein, The Shock Doctrine; di Cina dan Asia Tenggara, Song Hongbing Perang Mata Uang. Tidak ada catatan kaki.

Kebangkitan kembali Keynesian 2008-2009

  • Saya rasa "G20" perlu pranala.
  • ... yang telah dijadikan sebagai salah satu penyebab kontribusi dari krisis 2008-2009. Perlukah pranala untuk 2008 dan 2009?

Referensi

  • Ada beberapa judul buku dengan pranala merah ke artikel Wikipedia. Bukankah sebaiknya pranalanya ditujukan ke sumber, Google Buku misalnya? Saya rasa lebih baik tidak di-pranala-kan.

Segini dulu deh, biar bagian yang lain menyusul. Redyka ngobrol 8 April 2012 07.20 (UTC)

Yang saya coret berarti sudah saya perbaiki, tentang "tak ada catatan kaki" dan "kesalahan tata bahasa" saya tidak bisa membantu. Redyka ngobrol 8 April 2012 08.23 (UTC)
  • Komentar Komentar, Keynesian? Atau lebih mending Keynes atau Keynesia? Ezagren (kirim pesan) 8 April 2012 07.33 (UTC)
    Komentar Komentar Saya merasa bahwa Saudara Ezagren benar di sini. Bahasa Indonesia tidak mengenal bentuk adjektiva dari kata benda. Maka tidak ada kata "Indonesian" atau "Kanadian" atau "Amerikan". Crisco 1492 (bicara) 8 April 2012 08.27 (UTC)
Mungkin Kebangkitan Paham Keynes 2008-2009? Redyka ngobrol 23 April 2012 00.05 (UTC)
  • Sepertinya itu lebih sesuai dengan pedoman EYD dan KBBI Crisco 1492 (bicara) 28 April 2012 02.39 (UTC)
  • Setuju Setuju Boleh-boleh saja. Mbak Dede (bicara) 18 April 2012 01.41 (UTC)
  • TungguTunggu! Selesaikan apa yang dinyatakan oleh Redyka94 di atas dulu. Kℇℵ℟ℑK 22 April 2012 15.37 (UTC)
  • TungguTunggu! Saya sependapat dengan Kenrick. Tulisan memang banyak, tapi pertimbangkan isinya (seperti yang dipermasalahkan di atas). Sebaiknya dibaca terlebih dahulu (sekali lagi) sebelum memutuskannya sebagai AP. -- Adiputra बिचर -- 22 April 2012 17.08 (UTC)
Tidak setuju Saya mencabut pengusulan terhadap artikel ini sebagai nominator artikel pilihan di WBI. Aldo samulo (bicara) 28 April 2012 08.05 (UTC)

[sunting] Jamila dan Sang Presiden

Pengusul: Crisco 1492 (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Artikel sudah cukup lengkap, filmnya juga cukup terkenal (sampai ke luar negeri). Kita sepertinya belum punya AP film, apalagi film Indonesia. Crisco 1492 (bicara) 2 April 2012 15.33 (UTC)

Crisco 1492 (bicara) 2 April 2012 15.33 (UTC)

Saya sudah meng-copyedit artikel. Yang saya bingung "resepsi yang campur mengarah hangat" itu apa ya? Redyka ngobrol 8 April 2012 08.59 (UTC)
  • "Mixed reception"... mungkin "sambutan yang cukup hangat"? Crisco 1492 (bicara) 8 April 2012 09.25 (UTC)
Waduh, saya juga kurang tahu, soalnya istilah film (pakai bahasa Inggris pula xp). Tapi "sambutan yang cukup hangat" cukup dapat dimengerti. Redyka ngobrol 12 April 2012 09.55 (UTC)
  • Sudah diubah jadi "penerimaannya cukup hangat" Crisco 1492 (bicara) 13 April 2012 00.13 (UTC)
Boleh juga. Sekarang yang di bagian depan. Setelah dirilis pada tanggal 30 April 2009, Jamila mendapatkan resepsi yang campur mengarah hangat di Indonesia. Yang saya tebalkan itu bisa diganti? Terus di bagian Rilis dan penerimaan Prix de Public dan Prix Jury Lyceen mungkin bisa ditambahkan arti bahasa Indonesianya. Redyka ngobrol 13 April 2012 03.56 (UTC)
Untuk prosanya saya Setuju Setuju, tetapi untuk kelengkapan artikel saya ikut pengguna lain yang menilainya. Redyka ngobrol 15 April 2012 02.45 (UTC)

Komentar Komentar Dengan baru ada 1 komentar dan artikel masih dalam tahap perbaikan, maka diskusi dibuka lagi. Albertus Aditya (bicara) 9 April 2012 11.14 (UTC)

Opo??????? Wong artikele pendek wae, mau dijadikan AP? Is.... is...is aku prihatin je lah.  Tidak setuju. Tauhidin Akbar (bicara)
Saudara dimohon untuk ingat bahwa panjang tidak sama dengan lengkap. Ada artikel panjang yang tidak lengkap, dan ada artikel lengkap yang tidak panjang. Untuk contoh artikel pendek yang dianggap cukup lengkap dalam bahasa Inggris, silah melihat MissingNo.. Crisco 1492 (bicara) 17 April 2012 14.20 (UTC)
  • Terima kasih Kak Kenrick. Maklum, saya orang luar. Crisco 1492 (bicara) 22 April 2012 14.42 (UTC)
  • Setuju Setuju sudah lengkap untuk sebuah resensi film.Eddy bf (bicara) 22 April 2012 15.19 (UTC)
  •  Tidak setuju, Rujukan yg diberikan hanya baru koran online saja, hal ini mestinya dihindari, pernyataan di artikel pun belum dapat dipastikan ke sumber tepercaya seperti buku yang diterbitkan. VoteITP (bicara) 26 April 2012 11.23 (UTC)
Di en kok ini boleh ya? Tanpa buku loh. Redyka ngobrol 26 April 2012 13.00 (UTC)
  • Sumber terpercaya termasuk koran dan majalah, apalagi yang digunakan di sini adalah koran dan majalah yang berprestasi (Kompas, Tempo, Jakarta Post dst.). Saya merasa bahwa kebijakan yang di-link saudara itu kurang sesuai dengan tulisan tentang suatu aspek popular culture; untuk yang bersifat ilmiah, oke, tetapi untuk yang bersifat popular culture, sudah semestinya artikel koran akan banyak digunakan sebagai sumber. Kalau buku tentang film ini, atau Sang Penari, atau ? (film), belum ada. Crisco 1492 (bicara) 27 April 2012 16.00 (UTC)
  • Selain itu, ada AP di bahasa Indonesia (dan bahasa Inggris) yang memakai hanya koran atau mengutamakan koran. Misalkan, Julia Perez, Krisdayanti, dan Dewa 19; saya bahkan merasa sumber di sini lebih bermutu daripada sebagian besar yang digunakan dalam AP2 tersebut Crisco 1492 (bicara) 27 April 2012 16.15 (UTC)
  • Abstain Jika perbandingan yang diambil adalah 300, berarti masih ada beberapa bagian yang belum dimiliki oleh artikel ini, seperti soundtrack, promosi, budaya populer, kontroversi.
Oia, terkait referensi menurut saya sih gak ada masalah. Tapi saya abstain karena masih menunggu kata mufakat dari para senior WBI terhadap diskusi ini (maaf gak bisa ikut, pengetahuan saya tentang Wikipedia belum setinggi mereka). Semoga calon AP ini tidak terombang-ambing terlalu lama dalam wadah pengusulan ini, dan wikipediawan selanjutnya tetap mempertahankan sikap kritis dalam memberi penilaian sebuah artikel. Salam dari aaaaRahmatdenasNgobrolaaaa 29 April 2012 11.25 (UTC)
Saya membandingkannya karena dua artikel tsb. sama-sama membahas film. Untuk bagian-bagiannya kan tidak harus selalu sama, misalnya film Jamila tidak ada hal yang terkait kontroversi, tidak seperti film 300. Jadi apa yang mau ditulis? Untuk masalah promosi, soundtrack, dll. mungkin memang tidak ada sumbernya atau sudah masuk ke bagian yang lain seperti Produksi, Rilis dan penerimaan, atau lainnya. Redyka ngobrol 29 April 2012 13.12 (UTC)
  • Betul sekali. 300 ada kontroversi; Jamila tidak. 300 ada soundtrack. Jamila tidak. Soal promosi, ya bandingin aja suatu film (alias 300) yang mendapatkan sambutan yang benar-benar luar biasa dari publik dan internet, dengan film Jamila yang memang agak sepi penonton. Kalau kita lihat beberapa tulisan saya di bahasa Inggris lain, misalkan ? atau Sang Pencerah, ini kurang-lebih sepadan. Cuma yg saya sebut diatas belum sempat saya menerjemahkan, sebab nunggu usulan Soedjatmoko dan Jamila selesai. Crisco 1492 (bicara) 29 April 2012 15.20 (UTC)
Oh, oke. Untuk kelengkapan saya setuju, selagi sumber yang dimaksud memang tidak (akan) dapat ditemukan. Tapi, alasan saya abstain kan bukan ini sebenarnya. aaaaRahmatdenasNgobrolaaaa 30 April 2012 06.27 (UTC)
  • Ah ya, sayangnya diskusi tersebut belum tentu akan berhasil diselesaikan. Sepertinya sudah putus di tengah jalan. Crisco 1492 (bicara) 1 Mei 2012 14.35 (UTC)

[sunting] Soedjatmoko

Pengusul: Crisco 1492 (bkl) · Status:    Dalam diskusi

Artikel yang cukup lengkap, tokoh yang mungkin agak kurang dikenal. Kita jarang punya AP tentang akademisi

Crisco 1492 (bicara) 24 Maret 2012 00.37 (UTC)

  •  Tidak setuju - Anda benar, memang tokoh ini tidak dikenal luas di Indonesia. Ia bukan tokoh penting atau pahlawan nasional yang pantas dapat perhatian seperti itu. Saya sendiri baru dengar namanya dan saya rasa perannya tidak signifikan. Gunkarta (bicara) 24 Maret 2012 01.58 (UTC)
    Mohon diperjelas alasan Anda menolak. Penolakan tidak bisa hanya karena subyek artikel tidak dikenal atau kontroversial dst. Albertus Aditya (bicara) 24 Maret 2012 03.46 (UTC)
    Yang penting dia memenuhi syarat kelayakan, dan hal itu sudah jelas. Anggota Konstituante, Duta Besar Indonesia, dan akademisi terkemuka. Crisco 1492 (bicara) 24 Maret 2012 06.06 (UTC)
  • Ikutan diskusi dong. Saya sudah meng-copyedit beberapa bagian, jika kurang puas kembalikan saja suntingannya. Model diskusinya kayak di en.wiki ya? Hehehe.
Depan
  • "Dia juga menasihati menteri luar negeri Adam Malik." Apakah maksudnya dia "menjadi penasihat menlu"?
  • Tidak diberi penjelasan dalam sumber, hanya bahwa dia menjadi penasihat untuk Pak Malik. Saya ubah susunannya
  • "Pada tahun 1978 Soedjatmoko menerima Ramon Magsaysay Award for International Understanding ..." Bisakah kata-kata yang dimiringkan itu diterjemahkan?
Kehidupan awal
  • "... di kemudian hari Soedjatmoko menyatakan bahwa hal tersebut membuat dia melihat orang Eropa sebagai lebih dari sekadar kolonis." Saya kurang mengerti bagian ini.
  • Maksud saya dia menganggap orang Eropa itu seperti apa? Apakah dia menganggap orang Eropa adalah "orang baik" atau menganggap bahwa orang Eropa "justru lebih jahat"?
Kerja di Amerika Serikat
  • "Setelah dilepas dari delegasi, Soedjatmoko menghabiskan hampir satu tahun di Littauer Center; namun, selama tiga bulan dia menjadi chargé d'affaires – yang pertama untuk Indonesia – di bagian Hindia Belanda di Keduataaan Besar Belanda di London, Inggris." Saya bingung dengan penggunaan kata "namun".
Kembali ke Indonesia
  • "Untuk menghindari masalah dengan pemerintah, secara suka rela Soedjatmoko menganggur." Adakah orang menganggur secara sukarela? Bisakah diganti dengan "Untuk menghindari masalah dengan pemerintah, Soedjatmoko memilih untuk tidak bekerja."?
  • Boleh, cuma sumbernya "unemployed". Memang "memilih / memutuskan untuk tidak bekerja" lebih cocok.

Redyka ngobrol 6 April 2012 09.34 (UTC)

  • Terima kasih untuk reviewnya, wah aku jadi gagap mengingat review Chrisye di bahasa Inggris masih jalan Crisco 1492 (bicara) 6 April 2012 11.37 (UTC)
  • Sama-sama, setelah mengevaluasi saya sih Setuju Setuju. Tinggal lihat komentar/pendapat pengguna yang lain saja. Redyka ngobrol 6 April 2012 12.11 (UTC)
  • Harap beri penjelasan mengapa Anda tidak menyetujui atau pada bagian apa. Albertus Aditya (bicara) 23 April 2012 02.13 (UTC)
  • Iya, ada masalah apa dengan artikel ini? Kalau soal pranala merah, saya sudah mengurangi Crisco 1492 (bicara) 23 April 2012 02.54 (UTC)

Hady Nata 06 May, 2012


-
Source: http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Wikipedia:Artikel_pilihan/Usulan&diff=5472660&oldid=5472615
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com